Bagian Laki-Laki Meninggal Akibat Corona Lebih Tinggi Dibanding Perempuan

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA berantakan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Doni Monardo mengatakan bahwa pihaknya melakukan pendataan terhadap kelompok rentan terpapar Covid-19.

Berdasarkan data yang dihimpun Rangkai Tugas, laki memiliki kerentanan lebih tinggi meninggal akibat terpapar Covid-19.

“Antara pria dan wanita yang terpapar Covid itu dan juga meninggal laki-laki memiliki persentase yang lebih tinggi yaitu 63, 30% tengah wanita 36, 70%, ” ujar Doni dalam video conference, Rabu, (27/5/2020).

Mereka yang terpapar Corona menurut Doni umum dikarenakan memiliki penyakit penyerta ataupun Komorbid.

Adapun Komorbid tertinggi yakni penderita hipertensi, morat-marit kencing manis atau diabetes melitus, jantung, penyakit paru-paru, destruktif biut, gangguan pernapasan, penyakit ginjal, asma, kanker, TBC, hati, dan kekacauan imun.

Menangkap: Pemerintah Disebut Bunuh Pesantren Kalau Nekad Terapkan New Normal Era Kasus Covid-19 Masih Mulia

Baca: Ulama Cerita Drama Korea Crash Landing on You Bikin Bek Melalaikan Bali United Menangis

Baca: Lucinta Luna Didakwa Pasal Berlapis Terkait Kepemilikan Narkoba dan Psikotropika

“Ini adalah kondisi penyerta positif Covid berturut-turut dari berangkat hipertensi yang tertinggi, ” tuturnya.

Adapun risiko maut Komorbid yang tertinggi menurut Doni adalah penyakit ginjal, kemudian keburukan imun antara lain mereka dengan memiliki HIV AIDS, dan lupus.

Kemudian kanker, keburukan jantung, diabetes melitus hipertensi, penyakit nafas, kehamilan, penyakit hati, asma, dan TBC.

“Kami juga tadi malam sudah mengimbau kepada para dokter, para arahan rumah sakit di wilayah Jabodetabek untuk mengingatkan pasien mereka yang memiliki komorbid tertentu sehingga di satu sisi kita bisa menyelamatkan warga negara kita lebih penuh lagi, di satu sisi juga kita bisa mendorong aktivitas masyarakat dengan risiko yang sekecil barangkali, ” katanya.

Updated: May 27, 2020 — 7:25 pm