Cerita Menlu Retno Marsudi Dikirimi Suruhan oleh Dubes Jepang Tengah Malam

Laporan Wartawan Tribunnews. com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Buat membahas kerja sama antarnegara, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan tidak keberatan jika harus dikirimi pesan tengah malam.

Retno menceritakan dirinya pernah dikirimi pesan oleh Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii untuk membicarakan kerja sama kurun Indonesia-Jepang.

Baca: Bareskrim Selidiki Perkiraan TPPO 14 ABK WNI pada Kapal Berbendera China

Padahal, masa hampir menjelang tengah malam.

“Mungkin dia lupa meninjau arloji, ini jam berapa? Dia mengirim pesan jam 11. 40, hampir tengah malam untuk mempercakapkan kerjasama, ” ujar Menlu mengisahkan kisahnya dalam sebuah siaran tepat yang digelar foreign policy community of Indonesia (FPCI), Jumat (8/5/2020).

“Saya tidak tau apa Duta Besar saya (di asing negeri) dapat melakukan hal yang serupa, tapi di sini para utusan besar dapat mengirimkan saya perintah kapan saja, itu tidak masalah, ” lanjutnya

Jatuh dari batasan waktu, Retno Marsudi mengaku tidak masalah jika kudu membahas kerja sama antara Nusantara dengan perwakilan negara sahabat di Indonesia kapan pun itu.

Dalam pertemuan daring itu, Dubes Jepang menanyakan soal kepemimpinan Indonesia untuk memperkuat solidaritas serta sentralisasi ASEAN dalam situasi Covid-19, maupun situasi di tantangan yang lain.

Menlu Retno menjawab, Indonesia telah menciptakan kerjasama yang inovatif dengan negara-negara sahabat pada situasi penyebaran wabah Covid-19, tercatat dengan Jepang.

Lengah satunya bekerja sama untuk membikin alat pelindung diri (APD) ataupun gaun bedah untuk memenuhi pasar Jepang maupun di Indonesia.

Mengaji: Jokowi Instruksikan Bansos Sembako untuk Warga Jakarta dalam Bentuk Padi Sekadar

“Jangan khawatir, selama kita membicarakan mengenai hal-hal yang baik, maka kami lebih dari siap untuk membahasnya, ” ujar Menlu

“Jadi, akhirnya kami (Indonesia) dan Jepang juga menemukan solusi, ” lanjutnya.

Updated: May 8, 2020 — 12:26 pm