Mobilitas Penduduk Tinggi, Alasan Jakarta, Banten, dan Jawa Barat Paling Sensitif Pandemi Covid-19

Informasi Wartawan Tribunnews. com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA porakporanda Tiga provinsi di Indonesia, yaitu DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat paling rentan terhadap pandemi Covid-19.

Menurut Direktur Riset Katadata, Mulya Amri, ke-3 provinsi itu menanggung risiko lantaran mobilitas penduduk yang tinggi, istimewa wilayah dengan penduduk padat mengikuti kualitas udara yang buruk.

“Lalu lintas penduduk yang tinggi membuat 3 provinsi tersebut menjadi rentan terhadap penyebaran Covid-19, ” kata Mulya dalam video conference, Jumat (3/4/2020).

Mulya menilai DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat mendapat skor kerentanan yang saling berdekatan karena terkait dalam tempat megapolitan Jabodetabek.

Medan ini menampung lebih 10 upah jumlah penduduk Indonesia dalam kepadatan mendekati 5. 000 orang bohlam km2.

Skor ke-3 provinsi ini juga jauh lebih tinggi daripada skor provinsi dengan paling rentan berikutnya, yaitu Kepulauan Riau.

Untuk bertambah detailnya, skor indeks dan sub-indeks ini bisa diakses melalui laman website Databoks.

Menurut Mulya, indeks kerentanan ini mampu menjadi referensi bagi pemerintah pada mengambil kebijakan untuk menekan penyaluran virus Covid-19 di tengah bangsa.

Untuk provinsi dengan tingkat mobilitas tinggi dan padat penduduk yaitu DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, penanganannya bertambah tepat dengan physical distancing (jaga jarak fisik) dan pembatasan denyut di luar rumah.

Updated: April 3, 2020 — 11:30 am