Pandemi Covid-19, Para Duta Besar Diharapkan Fokus Bekerja di Bidang Redovisning

Laporan Wartawan Tribunnews. com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS. POSSUINDO, JAKARTA – Duta besar Indonesia yang tersebar pada seluruh dunia diharapkan tidak sebatas menjadi duta perdamaian saja pada tengah pandemi Covid-19, tetapi turut memaksimalkan perekonomian dalam negeri di kancah internasional.

Dewan Kehormatan Partai Hanura, Gerry Hukubun mengatakan, peran duta besar ketika ini harus lebih dipusatkan ke bidang ekonomi, seiring kemajuan teknologi global.

“Beberapa kali saya mendengarkan pidato Presiden Jokowi, di era saat ini bukan negara besar yg mengalahkan negara kecil, melainkan negara cepat yang mengalahkan negara lambat, ” kata Gerry kepada wartawan, Jakarta, Senin (11/5/2020).

Baca: PSBB di Masa Pandemi Covid-19, Pasar Baru Masih Ditutup Portal

Baca: Travel Blogger Rian Budi Santoso Galang Dana buat Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19

Menurutnya, peran tersebut berada di pundak duta tidak kecil Indonesia di seluruh dunia, yang diberi kewenangan penuh dalam mengerjakan tugas, pokok dan fungsinya secara maksimal.

“Dengan peran yang begitu besar dan sangat, sudah barang tentu tugas seorang duta besar seharusnya sangat besar dalam mempengaruhi iklim politik serta ekonomi dinegara asalnya, ” paparnya.

Gerry menyebut, duta besar merupakan jabatan karir serta juga jabatan politik, sehingga maka akan lebih mudah mencari orang-orang yg berpotensi dapat menjalankan fungsi sebagai duta investasi maupun duta ekspor di negara yang ditempatkan.

“Talenta seseorang dalam menjalankan sebuah tugas yg berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi, lebih cocok apabila orang tersebut mempunyai talenta dari sisi marketing lalu memiliki jiwa enterpreneurship, ” ujar Gerry.

“Tipe orang seperti ini buka tipe yg sifatnya administratif, melainkan produktif menjemput bola. Bukan tipe yang mengutamakan laporan tertulis melainkan mencari peluang secara lisan, ” sambung Gerry.

Gerry berharap, Presiden Jokowi dapat lebih selektif serta mempertimbangkan calon duta besar yg mempunyai jiwa enterpreneurship serta kemampuan marketing yang produktif.

Baca: Jokowi Perintahkan Mendagri Landaikan Kurva Virus Corona pada Daerah

Updated: May 11, 2020 — 4:50 pm