Pengin Ikutan Demo Tolak UU Membangun Kerja, Pelajar SMP di Tangerang Diamankan, Mereka Kena Hasutan

TRIBUNNEWS. COM – UU Cipta Kerja mendapat penolakan dari sejumlah kalangan. Aksi muncul rasa pun digelar di kira-kira daerah.

Sejumlah siswi SMP dan SMA dari Kota Tangerang bahkan sampai ikut-ikutan menjadi peserta unjuk rasa menolak UU Cipta Kerja yang belum lama ini disahkan DPR RI.

Sebab, jajaran Polres Tangerang Kota mengamankan puluhan pelajar dari berbagai wilayah di Kota Tangerang yang mau bertolak ke Jakarta.

Kapolres Tangerang Praja, Kombes Pol Sugeng Hariyanti mengucapkan mereka bergerak karena hasutan lagak protes di Gedung DPR RI sore ini, Rabu (7/10/2020).

“Betul ada 24 pelajar SMP dan SMA di Tangerang juga pelajar MAN dari Kedaung. Mereka semua diamankan pas menuju mengikuti demo di Gedung DPR RI, ” ujar Sugeng masa dikonfirmasi melalui pesan singkat.

Baca: Polisi Sergap Rombongan Pelajar STM dari Cibitung, Diduga Hendak Ikut Unjuk Menemui di Jakarta

Baca: Abaikan Prokes, 89 Remaja yang Hendak Ikut Demo Diamankan, 2 Orang Positif Covid-19 Setelah Tes Swab

Sebabnya, pesan berantai beraroma hasutan ke Jakarta melalui aplikasi WhatsApp menjadi biang kerok itu niat bergerak.

Makanya, lanjut Sugeng, saat pelajar tersebut diamankan, mereka juga membekali muncul dengan spanduk-spanduk protes khas pengunjuk rasa.

“Untuk suangi ini mereka sudah diamankan dalam Polsek Jatiuwung dan Ciledug, ” sambungnya.

Polres Metro Tangerang Kota akan menggelar rapid test kepada pelajar yang sudah dikumpulkan di Polres Metro Tangerang Kota lantaran berkerumun.

Sementara, Wakapolres Metro Tangerang, AKBP Yudhistira mengaku, aparat di lapangan memang mencegah agar ribuan pekerja tersebut tidak sampai ke Jakarta.

“Orang yang ke kondangan saja kita bubarkan, apalagi orang berkerumunan unjuk rasa sesuai ini, ” tegasnya.

Yudhistira pun memastikan, bila seluruh kerumunan buruh yang akan berunjuk rasa ke Jakarta, langsung dicegah di berbagai titik.

Pasukan TNI dan Polri selain di kawasan industri Batuceper, selalu disebar di Jatiuwung, Cipondoh & pintu masuk Kebon Nanas.

“Hari ini di Tangerang semua titik hendak menuju Jakarta, untuk unjuk rasa kita penghalang. Kekuatan kita Polres dibantu dengan TNI, dari batalion ditambah secara brimob kurang lebih sekitar 1. 000 pasukan, ” tutup Yudhistira.

Artikel ini sudah tayang di Tribunjakarta. com dengan judul Terhasut Pesan Berantai, Puluhan Pelajar Tangerang Digelandang Polisi Saat Hendak ke Gedung DPR

Updated: October 7, 2020 — 4:42 pm